Kamis, 14 Maret 2013

Klasifikasi Karbohidrat

Klasifikasi Karbohidrat

Klasifikasi Karbohidrat - Karbohidrat adalah senyawa organik yang paling banyak terdapat di bumi. Sifat-sifat karbohidrat antara lain adalah merupakan sumber energi yang sangat bagus dan cepat diserap tubuh.Banyak sekali fungsi karbohidrat di dalam tubuh makhluk hidup, fungsi karbohidrat antara lain digunakan sebagai bahan bakar, materi pembangun, maupun sebagai alternatif cadangan makanan. Contoh makanan yang mengandung kadar karbohidrat tinggi misalnya beras (nasi), kentang, pati, glukosa, dan lain sebagainya. Karbohidrat dapat di klasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Selengkapnya tentang jenis-jenis karbohidrat atau klasifikasi karbohidrat adalah sebagai berikut:

1. Monosakarida, adalah karbohidrat paling sederhana karena molekulnya hanya terbentuk dari beberapa atom C dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Monosakarida dibedakan menjadi aldosa dan ketosa. Contoh dari aldosa yaitu glukosa dan galaktosa. Contoh ketosa yaitu fruktosa.

2. Disakarida, adalah karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang berikatan melalui gugus -OH dengan melepaskan molekul air. Contoh dari disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa.

3. Polisakarida, adalah karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida sebagai monomernya. Rumus umum polisakarida yaitu C6(H10O5)n. Contoh polisakarida adalah selulosa, glikogen, dan amilum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar